Kamis, 14 Juli 2011

Layanan Internet

Sejak awal perkembangan Internet hingga saat ini, semakin banyak pula layanan yang diberikan oleh Internet. Untuk mengakses layanan-layanan Internet, maka diperlukan program client yang spesifik yang terinstal pada komputer pengguna Internet seperti Browser, mIRC dll. Layanan-layanan internet sekarang ini adalah :

Layanan World Wide Web (WWW) adalah layanan yang paling populer saat ini. Untuk mengaksesnya dapat digunakan Web Browser seperti Internet Explorer, Netscape, Mozilla, Opera dll. Protokol yang digunakan dalam layanan WWW adalah HTTP (Hypertext Transfer Protocol). Sedangkan Web browser adalah salah satu jenis program client yang dapat mengakses beberapa layanan Internet. Untuk mangakses layanan tertentu pada jaringan internet, web browser menggunakan sebuah alamat internet dengan format sebagai berikut :
:/
contohnya : http://www.yahoo.com/test
ini dapat diartikan sebagai protokol internet yang dipakai adalah Hypertext Transfer Protocol (HTTP), kemudian nama host (komputer) yang dituju adalah www.yahoo.com, dan direktori yang dituju pada host tersebut adalah direktori test. Web browser dapat juga digunakan untuk mengakses layanan File Transfer Protocol (FTP), namun memiliki keterbatasan yaitu Web Browser hanya dapat mengakses Anonymous (sembarang account atau user name) FTP Server. Berikut adalah system kerja dari akses WWW :

  1. Browser pada mesin client mengambil URL yang diminta pengguna, misalnya pengguna mengetikkan pada address browser dengan alamat http://www.yahoo.com
  2. Browser menanyakan nomor IP (Internet Protocol) mesin www.yahoo.com pada (DNS) Domain Name Service.
  3. DNS Server menjawab misalnya 192.168.0.1
  4. Browser melakukan koneksi TCP (Transmision Control Protocol) pada port (virtual port) 80 mesin 192.168.0.1
  5. Browser kemudian mengirimkan perintah GET/hypertext/WWW/index.html
  6. Server www.yahoo.com mengirimkan file index.html
  7. Browser menampilkan semua teks dan image yang ada pada halaman index.html
Apabila melihat alamat internet seperti ftp://lp3i.com/coba. Ini dapat diartikan sebagai protokol internet yang digunakan adalah File Transfer Protocol (ftp), host (komputer) yang dituju adalah lp3i.com, dan direktori yang dituju pada host tersebut adalah direktori coba.

Email merupakan alat komunikasi yang sangat populer di kalangan para netter sekarang ini. Apabila Anda mempunyai alamat misalnya seperti ini sutarman@aneukaceh.comAlamat surel ini dilindungi dari robot spam. Anda perlu mengaktifkan JavaScript untuk melihatnya . Protokol yang dipakai untuk mengirim email adalah Simple Mail Transfer Protocol (SMTP), sedangkan untuk mendownload (mengambil file dari Internet) email digunakan protokol POP (Post Office Protocol) atau IMAP (Internet Message Access Protocol). Layanan yang sangat digemari sekarang ini adalah yang berbentuk Web Base Email, yaitu layanan email yang dapat diakses menggunakan Web Browser. Contoh penyedia layanan Web Base Email adalah Yahoo, Plasa, gmail dll.

Layanan IRC (Internet Relay Chat) adalah salah satu layanan yang bersifat interaktif pada internet. IRC memberikan layanan chat kepada penggunanya. Chat sama seperti “ngobrol” dengan orang lain, hanya saja ngobrolnya dalam bentuk saling mengirim dan menerima text. Untuk menggunakan layanan ini digunakan program IRC client seperti mIRC, lalu pengguna masuk ke salah satu server IRC seperti Dalnet, Efnet, Telkomnet dll. Anda dapat juga melakukan chatting dengan menggunakan program Yahoo Messenger dengan syarat anda mempunyai account email di yahoo.

Perkembangan layanan di internet bertambah lagi dengan adanya layanan audio dan video yang bersifat Streaming. Streaming adalah sejenis layanan yang langsung mengolah data yang diterima tanpa menunggu semua data selesai dikirim. Umumnya layanan yang memanfaatkan mode streaming ini adalah layanan audio dan video seperti nonton televisi lewat Internet. Contoh aplikasi yang menggunakan layanan ini adalah Windows Media Player, RealPlayer, Napster dll.

Layanan lainnya adalah VoIP (Voice over Internet Protocol), yaitu pengiriman suara ke daerah/negara lain melalui jaringan internet. Dengan VoIP Anda dapat menelpon ke luar negeri dengan pulsa lokal. Awalnya IP Address hanya mampu melewatkan data tidak suara, tetapi seiring dengan perkembangan teknologi jaringan komputer maka sekarang suara dapat dilewatkan melalui jaringan komputer menggunakan protocol IP Address. Contoh program yang dapat melawatkan suara menggunakan internet adalah Yahoo Messenger, Sky PE. Dengan program ini anda dapat berbicara dengan teman anda melalui internet. Atau anda juga dapat menggunakan fasilitas VoIP Merdeka hasil kreasi anak bangsa yaitu Onno W. Purbo.


Artikel Terkait :

0 komentar:

Posting Komentar