Senin, 02 September 2013

Pengertian Teknologi EVDO

Bagi anda yang sering berinternet ria via PC (Personal Computer) tentu sudah tidak asing dengan modem bukan, modem jenis apakah yang kalian gunakan, ada 2 jenis modem yaitu dengan jaringan GSM dan CDMA

EVDO atau Evolution Data Only/Evolution Data Optimized adalah suatu standar untuk transmisi data secara nirkabel komunikasi generasi ketiga atau yang dikenal dengan 3G, berbeda dengan 3G pada GSM, EVDO diciptakan secara khusus hanya untuk CDMA dengan menggunakan frekuensi radio.

EVDO juga diklasifikasi menjadi beberapa jenis, hal tersebut berkaitan dengan standar revisi. Oleh karena itu kita kerap mendengar EVDO Rev A atau EVDO Rev B. Standar revisi memang dinamakan secara alfabet, dimulai dari EVDO Rev O, EVDO Rev A dan EVDO Rev B. Dan, semakin tinggi revisi, maka tentu saja semakin tinggi pula kecepatan akses yang ditawarkan.

Untuk EVDO Rev O, kecepatan maksimal
 yang bisa diperoleh adalah 2.4 Mbps. Sedangkan untuk EVDO Rev. A, Anda bisa memperoleh kecepatan akses data hingga 3.1 Mbps. Sedangkan untuk EVDO Rev. B, hingga kini masih dalam proses pengembangan, dan belum diketahui berapa kecepatan akses maksimum yang bisa didapatkan.

Di Indonesia sendiri ada modem CDMA milik Smartfren yang sudah menggunakan teknologi EVDO Rev. B. Awalnya pihak Smart meluncurkan modem EVDO Rev. B fase 1 dengan kecepatan hingga 9.3 Mbps. Dan kini telah ada teknologi EVDO Rev. B fase 2 dengan kecepatan hingga 14.7 Mbps.

Tetapi apapun teknologi jaringan yang dimiliki sebuah modem, harap perhatikan wilayah jangkauan dari jaringan modem tersebut. Misal anda memiliki modem
 EVDO Rev B, tapi berada di wilayah Jawa Timur, maka kecepatan yang Anda peroleh akan sama dengan modem EVDO Rev A. Karena, saat ini jaringan EVDO B baru ada di Jakarta dan Bali.