Rabu, 22 Januari 2014

Apa Itu Google Trend ?

adalah situs web yang dimiliki Google.Inc yang berisi trend penggunaan kata kunci di website mesin pencari google dan berita yang sedang trend.

Google Trends adalah situs web yang dimiliki Google.Inc yang berisi trend penggunaan kata kunci di website mesin pencari google dan berita yang sedang trend. Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari Google Trends ini, terutama para webmaster, bloger, internet marketing dan internet enterpreneur. Untuk manfaat dan fungsi dari penggunaan Google Trends ini akan dibahas melalui post artikel internet marketing kali ini. Untuk mengakses Google Trends saat ini juga, anda tinggal klik link berikut : Google Trends.

Fungsi Google Trends

Google Trends, Apa Itu Google Trend ? Photo
Salah satu manfaat google trend adalah research (riset). Dengan melakukan riset menggunakan Google Trends, orang-orang yang berkecimpung di dunia online seperti yang tertera di atas, bisa mendapatkan perkembangan data pencarian dari Google, sehingga bisa memutuskan untuk memulai suatu bisnis di dunia online atau membuka bisnis online baru dengan menggunakan media website. Ada banyak peluang bisnis atau peluang untuk mendapatkan uang di dunia online, misalkan menjadi :
  • Webmaster : Peluang mendapatkan uang dari pembuatan, pengelolaan website
  • Bloger : Peluang mendapatkan uang dari iklan dari blog dan menjual backlink dari blog
  • Internet Marketing : Peluang mendapatkan uang dari komisi penjualan dari merchant atau third party
  • Internet Enterprenuer : Peluang mendapatkan uang dari profit penjualan produk secara online
  • Freelancer : Peluang mendapatkan uang dari jasa online yang dijalankan
  • Designer : Peluang mendapatkan uang dari menjual desain secara online
  • Musisi : Peluang mendapatkan uang dari menjual musik secara online
  • Programmer : Peluang mendapatkan uang dari menjual script atau program secara online
  • Writer : Peluang mendapatkan uang dari menjual artikel yang dibuat secara online
  • dsb
Kembali lagi ke penjelasan tentang Google Trends, orang-orang yang mempunyai profesi tersebut harus menguasai market dan perkembangan bidang yang di jalankan secara online melalui riset. Misalkan seorang Internet Marketing, menggunakan Google Trends untuk melihat perkembangan produk apa yang sedang banyak diminati dan trendnya sedang naik, sehingga dia bisa memutuskan untuk menjual barang tersebut secara online dengan media website.

 

Cara Menggunakan Google Trends Untuk Riset

Cara menggunakan google trends untuk riset sangat mudah dan data yang ditampilkan pun berasal dari Google sendiri. Untuk mendapatkan data kata kunci yang ingin anda dapatkan, anda tinggal ketik kata kuncinya pada kotak field yang berada pada halaman Google Trends. Data-data yang dihasilkan dari Google Trends adalah grafik dari pencarian kata kunci yang diriset, 10 kata kunci lain yang terkait dengan kata kunci riset, 10 kata kunci lain yang sedang naik tajam yang terkait dengan kata kunci riset, kawasan negara yang melakukan pencarian teratas dari kata kunci riset berikut dengan petanya. 
Untuk ilustrasinya, saya melakukan riset dengan rincian dan hasil sebagai berikut :
  • Kata kunci : design
  • Penelusuran : Website
  • Kawasan : Seluruh Dunia
  • Periode : 2004 sampai dengan sekarang
  • Kategori : Semua Kategori
Google Trends, Apa Itu Google Trend ? Photo

Hasil Riset Google Trends

Google Trends, Apa Itu Google Trend ? Photo
Berdasarkan hasil riset di Google Trends dengan kata kunci design dapat anda lihat pada gambar diatas, secara data dari tahun 2004 sampai dengan sekarang secara grafiknya untuk kata kunci “design” secara grafik mengalami penurunan, sedangkan untuk data kawasan dan wilayah negaranya adalah sbb :
Google Trends, Apa Itu Google Trend ? Photo
Sedangkan hasil 10 kata kunci lain yang terkait dengan kata kunci riset dan 10 kata kunci lain yang sedang naik tajam yang terkait dengan kata kunci riset adalah sbb :
Google Trends, Apa Itu Google Trend ? Photo
Dari 20 data kata kunci tersebut, kita tinggal klik linknya untuk melihat riset lanjutan. Ilustrasinya begini : Dari riset kata kunci di Google Trend menggunakan kata kunci design didapatkan 10 kata kunci yang terkait teratas dan 10 kata kunci terkait yang sedang naik tajam. Kita tinggal klik saya link tersebut, misalkan klik link kata kunci “in design” atau “design blog” dari klik link tersebut kita akan mendapatkan hasil riset dari kata kunci yang di klik tadi.
Data Hasil Google Trends Masukkan Ke Google Adwords
Dari data Google Trends tadi selanjutnya kita tinggal masukan ke Google Adwords untuk melihat jumlah pencariannya dan hasil pencariannya dari kata kunci tersebut, untuk ilustrasinya ada pada gambar berikut :
Google Trends, Apa Itu Google Trend ? Photo
Konten Website Paling NgeTrend Harian
Selain untuk riset website Google Trends juga memiliki timeline untuk konten website yang sedang ngetrend. Dari halaman tersebut kita bisa mengetahui berita tentang apa yang sedang ngetrend atau banyak di perbincangkan dan juga kita bisa mengetahui jumlah penelusurannya, selain itu konten yang sedang ngetrend ini update setiap hari. Untuk para bloger atau content writer, google trends untuk halaman ini sangat penting! karena biasanya berita yang sedang ngetrend bisa mendatangkan banyak visitor/pengunjung dan page view untuk website.
Google Trends, Apa Itu Google Trend ? Photo
Sumber : http://eproduk.com