Google Trends, Apa Itu Google Trend ? adalah
situs web yang dimiliki Google.Inc yang berisi trend penggunaan kata
kunci di website mesin pencari google dan berita yang sedang trend.
Google
Trends adalah situs web yang dimiliki Google.Inc yang berisi trend
penggunaan kata kunci di website mesin pencari google dan berita yang
sedang trend. Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari Google Trends ini, terutama para webmaster, bloger, internet marketing dan internet enterpreneur. Untuk
manfaat dan fungsi dari penggunaan Google Trends ini akan dibahas
melalui post artikel internet marketing kali ini. Untuk mengakses Google
Trends saat ini juga, anda tinggal klik link berikut : Google Trends.
Fungsi Google Trends
Salah
satu manfaat google trend adalah research (riset). Dengan melakukan
riset menggunakan Google Trends, orang-orang yang berkecimpung di dunia
online seperti yang tertera di atas, bisa mendapatkan perkembangan data
pencarian dari Google, sehingga bisa memutuskan untuk memulai suatu
bisnis di dunia online atau membuka bisnis online baru dengan
menggunakan media website. Ada banyak peluang bisnis atau peluang untuk
mendapatkan uang di dunia online, misalkan menjadi :
- Webmaster : Peluang mendapatkan uang dari pembuatan, pengelolaan website
- Bloger : Peluang mendapatkan uang dari iklan dari blog dan menjual backlink dari blog
- Internet Marketing : Peluang mendapatkan uang dari komisi penjualan dari merchant atau third party
- Internet Enterprenuer : Peluang mendapatkan uang dari profit penjualan produk secara online
- Freelancer : Peluang mendapatkan uang dari jasa online yang dijalankan
- Designer : Peluang mendapatkan uang dari menjual desain secara online
- Musisi : Peluang mendapatkan uang dari menjual musik secara online
- Programmer : Peluang mendapatkan uang dari menjual script atau program secara online
- Writer : Peluang mendapatkan uang dari menjual artikel yang dibuat secara online
- dsb
Kembali lagi ke penjelasan tentang
Google Trends, orang-orang yang mempunyai profesi tersebut harus
menguasai market dan perkembangan bidang yang di jalankan secara online
melalui riset. Misalkan seorang Internet Marketing, menggunakan Google
Trends untuk melihat perkembangan produk apa yang sedang banyak diminati
dan trendnya sedang naik, sehingga dia bisa memutuskan untuk menjual
barang tersebut secara online dengan media website.
Cara Menggunakan Google Trends Untuk Riset
Cara menggunakan google trends untuk
riset sangat mudah dan data yang ditampilkan pun berasal dari Google
sendiri. Untuk mendapatkan data kata kunci yang ingin anda dapatkan,
anda tinggal ketik kata kuncinya pada kotak field yang berada pada
halaman Google Trends. Data-data yang dihasilkan dari Google Trends
adalah grafik dari pencarian kata kunci yang diriset, 10 kata kunci lain
yang terkait dengan kata kunci riset, 10 kata kunci lain yang sedang
naik tajam yang terkait dengan kata kunci riset, kawasan negara yang
melakukan pencarian teratas dari kata kunci riset berikut dengan
petanya.
Untuk ilustrasinya, saya melakukan riset dengan rincian dan
hasil sebagai berikut :
- Kata kunci : design
- Penelusuran : Website
- Kawasan : Seluruh Dunia
- Periode : 2004 sampai dengan sekarang
- Kategori : Semua Kategori
Hasil Riset Google Trends
Berdasarkan hasil riset di Google Trends
dengan kata kunci design dapat anda lihat pada gambar diatas, secara
data dari tahun 2004 sampai dengan sekarang secara grafiknya untuk kata
kunci “design” secara grafik mengalami penurunan, sedangkan untuk data
kawasan dan wilayah negaranya adalah sbb :
Sedangkan hasil 10 kata kunci lain yang
terkait dengan kata kunci riset dan 10 kata kunci lain yang sedang naik
tajam yang terkait dengan kata kunci riset adalah sbb :
Dari 20 data kata kunci tersebut, kita
tinggal klik linknya untuk melihat riset lanjutan. Ilustrasinya begini :
Dari riset kata kunci di Google Trend menggunakan kata kunci design
didapatkan 10 kata kunci yang terkait teratas dan 10 kata kunci terkait
yang sedang naik tajam. Kita tinggal klik saya link tersebut, misalkan
klik link kata kunci “in design” atau “design blog” dari klik link
tersebut kita akan mendapatkan hasil riset dari kata kunci yang di klik
tadi.
Data Hasil Google Trends Masukkan Ke Google Adwords
Dari data Google Trends tadi selanjutnya
kita tinggal masukan ke Google Adwords untuk melihat jumlah
pencariannya dan hasil pencariannya dari kata kunci tersebut, untuk
ilustrasinya ada pada gambar berikut :
Konten Website Paling NgeTrend Harian
Selain untuk riset website Google Trends
juga memiliki timeline untuk konten website yang sedang ngetrend. Dari
halaman tersebut kita bisa mengetahui berita tentang apa yang sedang
ngetrend atau banyak di perbincangkan dan juga kita bisa mengetahui
jumlah penelusurannya, selain itu konten yang sedang ngetrend ini update
setiap hari. Untuk para bloger atau content writer, google trends untuk
halaman ini sangat penting! karena biasanya berita yang sedang ngetrend
bisa mendatangkan banyak visitor/pengunjung dan page view untuk
website.
Sumber : http://eproduk.com