Minggu, 18 Februari 2018

Khalid Zeed Abdullah Basalamah

Beliau bernama lengkap Khalid Zeed Abdullah Basalamah, dilahirkan di Makassar tanggal 01 Mei 1975. Ustadz Khalid Basalamah menempuh pendidikan sarjananya di Universitas Islam Madinah kemudian melanjutkan S2 di Universitas Mulim Indonesia dan kemudian melanjutkan S3 di Universitas Tun Abdul Razzak Malaysia. Ustadz Khalid Basalamah ini terkenal dengan penyampaian ceramahnya yang sangat tegas dan santun.


Aqidah Dan Juga Pemahaman Beliau Tentang Islam 

Dari beberapa cuplikan dakwah yang pernah Profil dan Biodata Ustadz Khalid Basalamah sampaikan baim di You Tube maupun secara langsung maka kita akan melihat bagaimana sebenarnya aqidah beliau. Beliau merupakan salah satu ustadz yang sangat berpegang teguh dengan ajaran yang telah disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW yang disebarkan oleh Sahabat, Tabiiin dan juga para Imam empat.

Terkait dengan pemahaman Ustadz Khalid Basalamah tentang Islam, banyak yang menyebut beliau adalah seorang Wahabi. Namun sebenarnya bagaimana, kita tidak bisa memastikan karena hanya beliau dan Allah yang mengetahui. Semoga saja kita semua terhindar dari berbuat dosa dan berprasangka buruk, amiin.

Beberapa Kitab Yang Dikaji Ustadz Khalid Basalamah 

Dakwah dalam menyebarkan agama Islam kepada seluruh masyarakat Indonesia merupakan salah satu hal yang paling beliau gemari dan juga merupakan salah satu rutinitas harian dan juga bulanan beliau. Salah satu metode dakwah ( ceramah ) yang beliau sampaikan adalah dengan mengupas beberapa kitab yang mengandung beberapa dalil shahih dan juga bisa dipertanggung jawabkan sanad nya. Diantara beberapa kitab yang telah beliau sampaikan kepada setiap jamaah yang hadir dalam setiap majelis beliau adalah :

Kitab Bulughul Marom 

Kitab ini merupakan salah satu diantara sekian banyak kitab yang sudah teruji kadar kesahihannya. Kitab ini merupakan kumpulan hadits tematik yang menjadi sumber rujukan pengambilan dalil bagi permasalahan fiqih yang ada di Nusantara.

Kitab Minhajul Muslim 

Kitab yang satu ini merupakan karya ringkas yang ditulis oleh beberapa ulama yang ada di Madinah dan juga Makkah. Kitab ini menceritakan segala macam hal yang berkaitan dengan pemahaman Islam secara Kaffah dan juga menyeluruh dengan bersandar pada Al quran sebagai sumber utama dan juga mengambil hadits sebagai sumber kedua.

Sanad Keilmuan Ustadz Khalid Basalamah MA 

Sanad keilmuan yang dimiliki oleh Ustadz yang satu ini bisa dibilang sangat bagus dan juga bersambung dengan Rasulullah, karena beliau belajar dari ulama Kontemporer kemudian Ulama Salaf, Sahabat dan juga langsung kepada Rasulullah.

Selain dengan sanad yang sangat bersambung kepada Rasulullah SAW beliau juga mendalami ilmu agama di pusatnya sendiri yaitu di Madinah dan juga Makkah sehingga beliau bisa faham dan juga mengerti langsung dari beberapa ulama yang langsung ada di sana. Selain itu di Makah dan juga Madinah setiap orang yang belajar langsung bisa memahami fikih secara total karena fikih empat madzhab juga diajarkan di sana.

Biodata Ustadz Khalid Basalamah 
Nama Lengkap : Khalid Zeed Abdullah Basalamah 
Kelahiran : Makassar, 01-Mei-1975 

Jenjang Pendidikan yang dilalui : 
S1 Universitas Islam Madinah (Arab Saudi) 
S2 Universitas Muslim Indonesia (Indonesia) 
S3 Universitas Tun Abdul Razzak (Malaysia) 

Kegiatan Lembaga 
Ketua Umum di Yayasan Ats Tsabat Jakarta Timur 
Ketua di Forum Pengiriman Dai Irian Penasehat di Wesaltv Jakarta