Rabu, 10 Agustus 2011

RPP TIK BERKARAKTER KELAS IX KD 1.3



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah            
:
SMP NEGERI 20 SURABAYA
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/  Semester
:
IX (sembilan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi
:
1 .  Memahami dasar-dasar penggunaan internet/intranet.
Kompetensi Dasar
:
1.3. Mengenal ukuran kecepatan akses internet.
Alokasi Waktu
:
2 x 40 menit


1           TUJUAN PEMBELAJARAN

Peserta didik mampu :
  • Menjelaskan ukuran kecepatan akses internet
  • Mengidentifikasi ukuran kecepatan akses internet berdasarkan saluran yang digunakan.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

2        MATERI PEMBELAJARAN
  • Ukuran kecepatan akses internet

3        METODE PEMBELAJARAN
Ceramah dan tanya jawab
Pendekatan Model CTL dan life skill

4        LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama (2 x 40 menit) :
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
·         Menanyakan tentang bagian-bagian jaringan internet/intranet.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik menelaah buku paket untuk mencari informasi tentang ukuran kecepatan akses internet.
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Menarik kesimpulan.
F  Tugas kliping tentang ukuran kecepatan akses internet.

Pertemuan kedua (2 x 40 menit) :
1.      Kegiatan Pendahuluan

0 komentar:

Posting Komentar