Rabu, 10 Agustus 2011

RPP TIK BERKARAKTER KELAS IX KD 1.4



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)


Nama Sekolah            
:
SMP NEGERI 20 SURABAYA
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/  Semester
:
IX (sembilan)/ 1 (Satu)
Standar Kompetensi
:
1.      Memahami dasar-dasar penggunaan internet/intranet
Kompetensi Dasar
:
1.4. Mengidentifikasi perangkat keras yang digunakan dalam akses  internet/intranet
Alokasi Waktu
:
 4 x 40 menit

A.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :          
  • Mengidentifikasi perangkat keras beserta fungsinya untuk keperluan akses internet
  • Mengidentifikasi peralatan beserta fungsinya untuk keperluan akses internet
  • Mengidentifikasi fungsi perangkat keras yang digunakan dalam internet

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B.  MATERI PEMBELAJARAN
Akses internet
·         Persyaratan perangkat  keras internet
·         Persyaratan perangkat  keras intranet

C. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah dan tanya jawab
Pendekatan Model CTL dan life skill

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama ( 2 x 40 menit)
1.      Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
o   Menanyakan kepada siswa perangkat keras yang diperlukan untuk internet
o   Menyampaikan tujuan pembelajaran

2.                  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik Mengidentifikasi perangkat keras internet 
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F  Secara kelompik menelaah buku paket untuk mengetahui persyaratan yang diperlukan untuk perangkat keras internet
F  Mengerjakan lembar kerja

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

Pertemuan kedua (2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
·         Menanyakan kepada siswa perangkat keras yang diperlukan untuk intranet
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik Mengidentifikasi perangkat keras internet 
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F  Secara kelompik menelaah buku paket untuk mengetahui persyaratan yang diperlukan untuk perangkat keras intranet
F  Mengerjakan lembar kerja

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

Pertemuan ketiga dan empat  ( 2 x 40 menit)
1.      Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
·         Menanyakan kepada siswa perangkat keras yang diperlukan untuk internet
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

2.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik Mengidentifikasi perangkat keras internet 
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F  Secara kelompok menelaah melalui studi pustaka untuk mengetahui fungsi dari perangkat keras internet
F  Mengerjakan lembar kerja

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Mempresentasikan hasil kerja kelompok
F  Menarik kesimpulan

E. SUMBER PEMBELAJARAN
Komputer, koneksi internet, lembar kerja, media cetak (buku, majalah dsb.) diperpustakaan.

F. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ø  Mengidentifikasi perangkat keras beserta fungsinya untuk keperluan akses internet
Ø  Mengidentifikasi peralatan beserta fungsinya untuk keperluan akses internet

Ø  Mengidentifikasi fungsi dan perangkat yang digunakan akses internet
Tes praktik (kinerja)

Tes praktik (kinerja)


Tes praktik (kinerja)

Tes identifikasi

Tes identifikasi


Tes identifikasi
Tunjukkanlah perangkat keras yang digunakan internet/ intranet!

Tunjukanlah peralatan yang digunakan internet dan sebutkan fungsinya!

Tunjukkan peralatan yang digunakan internet!


Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 20 Surabaya



SUPARNO, S.Pd.,S.E.,MM
NIP. 19631117 198911 1 003

SURABAYA,  JULI 2011
Guru Mapel TIK.



W I D O D O
NIP. 19630617 198902 1 001

0 komentar:

Posting Komentar