RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah | : | SMP NEGERI 20 SURABAYA |
Mata Pelajaran | : | Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) |
Kelas/ Semester | : | IX (sembilan)/ 1 (Satu) |
Standar Kompetensi | : | 1. Memahami dasar-dasar penggunaan internet/intranet |
Kompetensi Dasar | : | 1.4. Mengidentifikasi perangkat keras yang digunakan dalam akses internet/intranet |
Alokasi Waktu | : | 4 x 40 menit |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :
- Mengidentifikasi perangkat keras beserta fungsinya untuk keperluan akses internet
- Mengidentifikasi peralatan beserta fungsinya untuk keperluan akses internet
- Mengidentifikasi fungsi perangkat keras yang digunakan dalam internet
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. MATERI PEMBELAJARAN
Akses internet
· Persyaratan perangkat keras internet
· Persyaratan perangkat keras intranet
C. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah dan tanya jawab
Pendekatan Model CTL dan life skill
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama ( 2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi :
o Menanyakan kepada siswa perangkat keras yang diperlukan untuk internet
o Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik Mengidentifikasi perangkat keras internet
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F Secara kelompik menelaah buku paket untuk mengetahui persyaratan yang diperlukan untuk perangkat keras internet
F Mengerjakan lembar kerja
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Pertemuan kedua (2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi :
· Menanyakan kepada siswa perangkat keras yang diperlukan untuk intranet
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik Mengidentifikasi perangkat keras internet
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F Secara kelompik menelaah buku paket untuk mengetahui persyaratan yang diperlukan untuk perangkat keras intranet
F Mengerjakan lembar kerja
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Pertemuan ketiga dan empat ( 2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi :
· Menanyakan kepada siswa perangkat keras yang diperlukan untuk internet
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik Mengidentifikasi perangkat keras internet
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F Secara kelompok menelaah melalui studi pustaka untuk mengetahui fungsi dari perangkat keras internet
F Mengerjakan lembar kerja
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mempresentasikan hasil kerja kelompok
F Menarik kesimpulan
E. SUMBER PEMBELAJARAN
Komputer, koneksi internet, lembar kerja, media cetak (buku, majalah dsb.) diperpustakaan.
F. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Ø Mengidentifikasi perangkat keras beserta fungsinya untuk keperluan akses internet Ø Mengidentifikasi peralatan beserta fungsinya untuk keperluan akses internet Ø Mengidentifikasi fungsi dan perangkat yang digunakan akses internet | Tes praktik (kinerja) Tes praktik (kinerja) Tes praktik (kinerja) | Tes identifikasi Tes identifikasi Tes identifikasi | Tunjukkanlah perangkat keras yang digunakan internet/ intranet! Tunjukanlah peralatan yang digunakan internet dan sebutkan fungsinya! Tunjukkan peralatan yang digunakan internet! |
Mengetahui, Kepala SMP Negeri 20 Surabaya SUPARNO, S.Pd.,S.E.,MM NIP. 19631117 198911 1 003 | SURABAYA, JULI 2011 Guru Mapel TIK. W I D O D O NIP. 19630617 198902 1 001 |
0 komentar:
Posting Komentar