(RPP)
Nama Sekolah | : | SMP NEGERI 20 SURABAYA |
Mata Pelajaran | : | Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) |
Kelas/ Semester | : | IX (sembilan)/ 2 (dua) |
Standar Kompetensi | : | 2. Menggunakan Internet untuk memperoleh informasi |
Kompetensi Dasar | : | 2.2.Mengidentifikasi beberapa layanan informasi yang ada di internet |
Alokasi Waktu | : | 4 x 40 menit |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :
- Mengidentifikasi layanan yang ada di internet
- Mengidentifikasi manfaat layanan internet
- Menambahkan alamat website ke menu Favorites
- Menentukan jenis layanan informasi yang sesuai dengan kebutuhan
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. MATERI PEMBELAJARAN
Akses internet
· Perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet
· Contoh content beberapa situs dengan layanan yang disediakan
· Search engine
· Sistematika pengelompokkan layanan website
C. METODE PEMBELAJARAN
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Penugasan
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama (2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
· Motivasi dan Review materi sebelumnya
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik melakukan koneksi Internet
F Mencari jenis jenis layanan yang disediakan
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Mencari informasi tertentu (disediakan oleh guru)
F Mengelompokkan layanan informasi yang ditemukan berikut domain website nya
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang layanan internet sesuai dengan kebutuhan dan kebermanfaatannya
F Mengembalikan ke kondisi awal.
Pertemuan kedua (2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
· Motivasi dan Review materi sebelumnya
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik Mengidentifikasi manfaat layanan internet
F Menemukan manfaat dari layanan internet
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang layanan internet sesuai dengan kebutuhan dan kebermanfaatannya
F Mengembalikan ke kondisi awal.
Pertemuan ketiga (2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
· Motivasi dan Review materi sebelumnya
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik melakukan koneksi Internet
F Peserta didik Menambahkan alamat website ke menu Favorites
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mencari jenis-jenis layanan yang disediakan
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang layanan internet sesuai dengan kebutuhan dan kebermanfaatannya
F Mengembalikan ke kondisi awal.
Pertemuan keempat ( 2 x 40 menit)
2. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi :
· Menayangkan content beberapa situs
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
3. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik melakukan koneksi Internet
F Peserta didik Studi pustaka tentang layanan yang ada di internet
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Mencari layanan yang disediakan website tertentu (ex.Plasa.com)
F Mencari informasi tertentu (disediakan oleh guru)
F Mengerjakan lembar kerja
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang layanan internet sesuai dengan kebutuhan dan kebermanfaatannya
E. SUMBER / ALAT PEMBELAJARAN
Komputer, koneksi internet, lembar kerja, media cetak (buku, majalah dsb.)
F. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Ø Mengidentifikasi layanan yang ada di internet Ø Mengidentifikasi manfaat layanan internet | Observasi Tes tertulis | Lembar observasi Uraian | Tunjukkanlah layanan yang terdapat di internet! Jelaskan manfaat layanan internet! |
Lembar Observasi
Instrumen | Skala Kuantitatif*) | Nilai 1 [(Jumlah/16)*10] | ||||
4 | 3 | 2 | 1 | |||
1 | Menyebutkan layanan yang terdapat di internet | | | | | |
2 | Menjelaskan manfaat layanan internet | | | | | |
3 | Mengelompokkan jenis layanan yang ditemukan | | | | | |
4 | Memberikan contoh-contoh beberapa situs beserta layanan yang disediakan | | | | | |
| Jumlah | | |
Rubrik Uji Prosedur
Instrumen | Skala Kuantitatif*) | Nilai 2 [(Jumlah/16)* 10] | ||||
4 | 3 | 2 | 1 | |||
1 | Bukalah internet dengan perangkat lunak yang telah terinstal di komputer! | | | | | |
2 | Temukan beberapa situs komersial, pemerintah, pendidikan dll | | | | | |
3 | Membuka situs yang telah ditemukan | | | | | |
4 | Menemukan beberapa layanan internet yang disediakan masing-masing situs | | | | | |
| Jumlah | | |
*) Skor kuantitatif disesuaikan dengan kemampuan siswa dalam melaksanakan
kegiatan yang diperintahkan, dengan rentang skor 1 – 4.
Mengetahui, Kepala SMP Negeri 20 Surabaya SUPARNO, S.Pd.,S.E.,MM NIP. 19631117 198911 1 003 | | SURABAYA, JULI 2011 Guru Mapel TIK. W I D O D O NIP. 19630617 198902 1 001 |
0 komentar:
Posting Komentar