Nama Sekolah | : | SMP NEGERI 20 SURABAYA |
Mata Pelajaran | : | Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) |
Kelas/ Semester | : | IX (sembilan)/ 2 (dua) |
Standar Kompetensi | : | 2. Menggunakan Internet untuk memperoleh informasi |
Kompetensi Dasar | : | 2.3. Mengakses beberapa situs untuk memperoleh informasi yang bermanfaat |
Alokasi Waktu | : | 4 x 40 menit |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :
- Melacak informasi dengan mengakses internet.
- Mengidentifikasi langkah langkah download
- Melakukan pengambilan informasi tertentu.
- Melakukan pengolahan informasi dengan program yang sesuai
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. MATERI PEMBELAJARAN
· Mengakses internet
· Melakukan pencarian informasi tertentu dengan search engine
· Menampilkan informasi yang diinginkan (gambar, tulisan, suara, movie)
· Mendownload informasi
· Mengolah informasi sesuai dengan program aplikasi
· Menyajikan informasi agar menarik dalam bentuk proyek
C. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Tanya jawab, Penugasan
Pendekatan Model CTL dan life skill
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama dan kedua ( 4 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
· Motivasi dan Apersepsi
· Menunjukkan beberapa contoh hasil pengolahan download berikut aplikasi yang sesuai (gambar, suara, tulisan, movie, dll)
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik dapat Menghubungkan ke internet
F Peserta didik dapat Menggunakan search engine untuk mencari informasi
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Men-down load- informasi yang di inginkan
F Mengelompokkan hasi informasi yang di download
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menunjukkan contoh-contoh hasil informasi yang di download siswa
F Merefleksi hasil kerja siswa sementara
F Mengembalikan ke kondisi awal.
Pertemuan ketiga (2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
· Motivasi dan Review materi sebelumnya
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik dapat Melakukan proses download dengan mengambil beberapa informasi yang diperlukan
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Memberikan apresiasi terhadap hasil karya siswa
Pertemuan keempat (2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
· Motivasi dan Review materi sebelumnya
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik dapat Mengolah informasi yang di download dengan program aplikasi yang sesuai
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Menyajikan hasil pengolahan informasi dalam bentuk presentasi
F Mereview hasil kerja antar siswa
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Memberikan apresiasi terhadap hasil karya siswa
E. SUMBER PEMBELAJARAN
Komputer, koneksi internet, lembar kerja, CD-Blank, CD Burner, media cetak (buku, majalah dsb.)
F. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Ø Men-download informasi Ø Mengelolah informasi menggunakan program aplikasi | Penugasan individual atau kelompok | Proyek | Carilah beberapa informasi yang terdapat di internet, download informasinya dan olah informasi tersebut dengan menggunakan program aplikasi yang sesuai |
Lembar Observasi
Instrumen | Skala Kuantitatif*) | Nilai 1 [(Jumlah/12)*10] | ||||
4 | 3 | 2 | 1 | |||
1 | Menemukan jenis-jenis informasi di internet | |||||
2 | Mendownload informasi, Mengelompokkan | |||||
3 | Pengolahan informasi dengan aplikasi yang sesuai | |||||
Jumlah |
Rubrik Uji Prosedur
Instrumen | Skala Kuantitatif*) | Nilai 2 [(Jumlah/20)* 10] | ||||
4 | 3 | 2 | 1 | |||
1 | Membuka internet dengan perangkat lunak terinstall | |||||
2 | Memukan beberapa informasi menarik | |||||
3 | Mendownload info yang diinginkan dan simpan | |||||
4 | Mengolah dengan aplikasi yang sesuai | |||||
5 | Mempresentasi | |||||
Jumlah |
0 komentar:
Posting Komentar