Rabu, 10 Agustus 2011

RPP TIK BERKARAKTER KELAS IX KD 2.3

Nama Sekolah  
:
SMP NEGERI 20 SURABAYA
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/  Semester
:
IX (sembilan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi
:
2. Menggunakan Internet untuk memperoleh informasi
Kompetensi Dasar
:
2.3. Mengakses beberapa situs untuk memperoleh informasi    yang bermanfaat
Alokasi Waktu
:
4 x 40 menit


A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

Peserta didik mampu :
  • Melacak informasi dengan mengakses internet.
  • Mengidentifikasi langkah langkah download
  • Melakukan pengambilan informasi tertentu.
  • Melakukan pengolahan informasi dengan program yang sesuai

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B.     MATERI PEMBELAJARAN

·         Mengakses internet
·         Melakukan pencarian informasi tertentu dengan search engine
·         Menampilkan informasi yang diinginkan (gambar, tulisan, suara, movie)
·         Mendownload informasi
·         Mengolah informasi sesuai dengan program aplikasi
·         Menyajikan informasi agar menarik dalam bentuk proyek

C.     METODE PEMBELAJARAN

Ceramah, Tanya jawab, Penugasan
Pendekatan Model CTL dan life skill

D.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan pertama dan kedua ( 4 x 40 menit)
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi
·         Menunjukkan beberapa contoh hasil pengolahan download berikut aplikasi yang sesuai (gambar, suara, tulisan, movie, dll)
2.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik dapat  Menghubungkan ke internet
F  Peserta didik dapat  Menggunakan search engine untuk mencari informasi
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Men-down load- informasi yang di inginkan
F  Mengelompokkan hasi informasi yang di download

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Menunjukkan contoh-contoh hasil informasi yang di download siswa
F  Merefleksi hasil kerja siswa sementara
F  Mengembalikan ke kondisi awal.

Pertemuan ketiga (2 x 40 menit)
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Review materi sebelumnya
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran
2.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik dapat  Melakukan proses download dengan mengambil beberapa informasi yang diperlukan
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.


§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Memberikan apresiasi terhadap hasil karya siswa

Pertemuan keempat (2 x 40 menit)
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Review materi sebelumnya
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

2.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik dapat  Mengolah informasi yang di download dengan program aplikasi yang sesuai
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Menyajikan hasil pengolahan informasi dalam bentuk presentasi
F  Mereview hasil kerja antar siswa

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Memberikan apresiasi terhadap hasil karya siswa

E.      SUMBER PEMBELAJARAN
Komputer, koneksi internet, lembar kerja, CD-Blank, CD Burner, media cetak (buku, majalah dsb.)

F.      PENILAIAN 

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ø  Men-download informasi



Ø  Mengelolah informasi menggunakan program aplikasi
Penugasan individual atau kelompok



Proyek





Carilah beberapa informasi yang terdapat di internet, download informasinya dan olah informasi tersebut dengan menggunakan program aplikasi yang sesuai

Lembar Observasi
Instrumen
Skala Kuantitatif*)
Nilai 1 [(Jumlah/12)*10]
4
3
2
1
1
Menemukan jenis-jenis informasi di internet





2
Mendownload informasi, Mengelompokkan




3
Pengolahan informasi dengan aplikasi yang sesuai






Jumlah





Rubrik Uji Prosedur
Instrumen
Skala Kuantitatif*)
Nilai 2
[(Jumlah/20)* 10]
4
3
2
1
1
Membuka internet dengan perangkat lunak terinstall





2
Memukan beberapa informasi menarik




3
Mendownload info yang diinginkan dan simpan




4
Mengolah dengan aplikasi yang sesuai




5
Mempresentasi






Jumlah


0 komentar:

Posting Komentar